Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018

Tebarilmu.com - Pada tahun ajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 yang merupakan peningkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Pada awal implementasi kurikulum 2013, ada banyak kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, yaitu, dalam perencanaan, implementasi, pemrosesan, penggunaan dan pelaporan penilaian.

Pada tahap perencanaan penilaian, dewan guru sering mengalami kesulitan dalam merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat berdasarkan kecakapan dasar yang diajarkan, mengembangkan poin instrumen penilaian dan rubrik penilaian.

Pada tahap implementasi penilaian, guru mengalami kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian. Guru juga mengalami kesulitan dalam memproses dan menafsirkan hasil penilaian penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Baca juga: Pedoman  evaluasi  organisasi kemendikbud 2019

Selain itu, unit pendidikan juga mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Penguasaan Minimum (MOH), menyusun kriteria untuk promosi kelas, dan kriteria persetujuan untuk siswa.

Masalah lain yang sering muncul adalah penentuan Depkes dan secara teknis menerapkannya pada setiap Efisiensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimum untuk terus menjadi subjek Depkes. Selain itu, guru juga mengalami kesulitan dalam menentukan nilai keputusan pemulihan Depkes.

Berdasarkan masalah di atas, perlu untuk menyusun Panduan Penilaian di Sekolah Dasar (SD). Panduan penilaian ini dimaksudkan untuk memfasilitasi guru dan unit pendidikan dalam perencanaan, implementasi, dan pelaporan serta menggunakan hasil penilaian baik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan pedoman penilaian revisi 2018 untuk melakukan penilaian di unit pendidikan masing-masing.



Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018  [unduh]

Demikian trimaksi....

Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018

Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018

Tebarilmu.com - Pada tahun ajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 yang merupakan peningkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Pada awal implementasi kurikulum 2013, ada banyak kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, yaitu, dalam perencanaan, implementasi, pemrosesan, penggunaan dan pelaporan penilaian.

Pada tahap perencanaan penilaian, dewan guru sering mengalami kesulitan dalam merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat berdasarkan kecakapan dasar yang diajarkan, mengembangkan poin instrumen penilaian dan rubrik penilaian.

Pada tahap implementasi penilaian, guru mengalami kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian. Guru juga mengalami kesulitan dalam memproses dan menafsirkan hasil penilaian penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Baca juga: Pedoman  evaluasi  organisasi kemendikbud 2019

Selain itu, unit pendidikan juga mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Penguasaan Minimum (MOH), menyusun kriteria untuk promosi kelas, dan kriteria persetujuan untuk siswa.

Masalah lain yang sering muncul adalah penentuan Depkes dan secara teknis menerapkannya pada setiap Efisiensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimum untuk terus menjadi subjek Depkes. Selain itu, guru juga mengalami kesulitan dalam menentukan nilai keputusan pemulihan Depkes.

Berdasarkan masalah di atas, perlu untuk menyusun Panduan Penilaian di Sekolah Dasar (SD). Panduan penilaian ini dimaksudkan untuk memfasilitasi guru dan unit pendidikan dalam perencanaan, implementasi, dan pelaporan serta menggunakan hasil penilaian baik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan pedoman penilaian revisi 2018 untuk melakukan penilaian di unit pendidikan masing-masing.



Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018  [unduh]

Demikian trimaksi....

No comments